Sabtu, 29 Mei 2010

SISTEM SIMULASI

Konsep sistem simulasi muncul dan dilaksanakan pada permulaan tahun 1950-an, konsep ini muncul sebagai akibat dari terjadinya berbagai perubahan di dalam memandang persoalan dianggap dapat diuraikan menurut bagian-bagian yang berinteraksi secara simultan, perubahan-perubahan semacam ini secara nyata dapat diamati dalam percobaan.
Jenis-Jenis simulasi
Ada beberapa jenis simulasi adalah sebagai berikut:
1. Identity Simulation ( Simulasi Identitas) adalah sistem simulasi suatu kegiatan yang memberikan pernyataan atau suatu sistem dengan melalui model simbolik yang dapat dimanipulasi dengan mudah dan dapat menghasilkan angka-angka atau bilangan-bilangan numerik.
2. Ouasi Identity Simulation (Simulasi Identitas Semu) Simulasi ini selangkah lebih maju dibanding identity simulation. Semu ini memodelkan berbagai aspek yang terkait dari sistem yang sebenarnya dan dapat mengeluarkan unsur-unsur yang dapat membuat setiap Identity Simulation tidak berfungsi dengan baik.
3. Laboratory Simulation (Simulasi Laboratorium) Simulasi ini lebih murah dan lebih layak daripada identity simulation dan ouasi identity simulation dan akan dapat memberikan jawaban yang lebih esensial pada masa yang akan datang. Biasanya simulasi laboratorium ini memrlukan berbagai komponen, seperti: operator, software, hardware, komputer, prosedur operasional.

Operation Planning
Dalam operation planing menggunakan komputer untuk mengumpulkan data dan untuk mengolah informasi dari para pemain. Komputer memainkan peran penting untuk menjalankan berbagai aksi secara random yang merupakan jawaban dari para pemain.
Man Machine Simulation
Simulasi ini memberikan sudut pandang lain dalam menyelidiki berbagai konsep teknis dengan tujuan-tujuan tertentu. Disini aturan permainan tidak begitu dipentingkan, sementara komputer-komputer digunakan untuk mengolah dan menganalisis data, sebagai contoh:
1. Pada Rand Sistem, Research Laboratory juga menggunakan simulasi pembangkit rangsangan untuk mempelajari informasi-informasi procesing center.
2. Pada tahun 1956, Rand Corporation memastikan suatu logistics sistem laboratory dibawah sponsor angkatan laut USA. Studi ini pertama kali dilakukan pertama kali di laboratorium untuk hal-hal yang menyangkit simulasi dari dua sistem logistik yang luas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar